PROXMOX, Bare Metal Hypervisor

PROXMOX VE (Virtual Environtment) merupakan salah satu Produk Teknologi Virtualisasi yang bersifat Open source.

Dari sisi Teknologi Virtualisasi secara umum, maka PROXMOX ini termasuk kedalam tipe Bare-Metal Hypervisor, seperti halnya Produk VMWARE ESX/ESXi.

Setelah kemarin mencoba setup-lab sendiri, (Proxmox VE versi 1.9) ada beberapa catatan yang menarik dari hasil pengujian tersebut, yakni : Proxmox mendukung OpenVZ dan KVM Virtualization. Untuk OpenVZ hanya mendukung instalasi OS Linux saja. Sedangkan apabila kita ingin menginstall OS Windows, bisa menggunakan engine KVM. Untuk engine KVM, tidak selalu aktif / enable, ini berhubungan dengan spesifikasi Hardware yang kita gunakan sebagai media bare-metal proxmox. Untuk Prosesor yang sudah memiliki VT (Visualization technology), maka KVM biasanya akan enable. Sedangkan untuk Prosesor yang tidak memiliki teknology VT, engine KVM tidak ada.

Catatan lainnya, untuk konfigurasi Network Interfaces, bisa menggunakan Bridge Mode dan NAT (seperti dalam vmware). Untuk Bridge Mode kita bisa mengarahkan NIC Guest OS kita ke NIC yang terhubung ke jaringan Fisik. Apabila kita terlanjur menggunakan modus NAT dalam konfigurasinya, kita tidak bisa langsung mengubahnya, melainkan kita Hapus dulu Network Interface nya, kita Add lagi untuk mode Bridge.Dengan catatan, kita harus membuat (sudah terbentuk by default) Interface Bridge terlebih dahulu.

Berikut beberapa Overview dari Proxmox:

1. Fitur-fitur Proxmox

2. Sistem Requirement Proxmox

3. Proxmox Network Model

4. Proxmox Wiki

 

Untuk review hasil nge-lab bakalan di update on my next post :D . GO…OPEN SOURCE…!!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>